Hasil Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Per – 14 Agustus 2023

Berdasarkan data terakhir BPS Inflasi (y-on-y %) pada Bulan Juli adalah 3,08 di mana tingkat Inflasi tersebut adalah yang terendah selama Tahun 2023. Inflasi pada Bulan Agustus diperkirakan juga masih akan stabil mengingat pada minggu kedua Agustus ini banyak komoditas yangg justru mengalami penurunan IPH (Indeks Perkembangan Harga) dan malah terjadi Deflasi di beberapa wilayah di Indonesia.

Secara Nasional jumlah komoditas yang mengalami kenaikan IPH turun 1% dibandingkan minggu sebelumnya. Komoditas penyumbang kenaikan IPH antara lain Cabe Rawit, Telur Ayam Ras, Daging Ayam Ras, dan Bawang Putih. Untuk komoditas Bawang Putih saat ini Badan Pangan Nasional tengah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan terkait percepatan realisasi Impor untuk memenuhi supply dan mengendalikan harga.

El-Nino dan kekeringan masih menjadi ancaman yang perlu diwaspadai ketahanan pangan dalam negeri terutama terkait ketersediaan beras di BULOG. Pemerintah Daerah diharapkan agar tetap tertib melakukan pengecekan stok beras di daerahnya dan segera melaporkan apabila terjadi kekurangan.

Perihal Optimalisasi Dana Dekonsentrasi dari Badan Pangan Nasional untuk mendukung pengendalian Inflasi Daerah, Pemerintah Daerah yang telah menyelesaikan SK KPA dan bendahara dihimbau agar mempercepat realisasi terutama dalam rangka pengendalian Inflasi. Bagi Daerah yang belum berproses agar segera menyelesaikan SK KPA dan Bendaharanya agar realisasi dapat segera dilaksanakan.

Scroll to Top