Replikasi Penumbuhan Inovasi dalam Pelayanan Kebutuhan ODGJ

Fasilitasi kebutuhan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) terkait aktivitas rutin, pemantauan pengobatan, dan meningkatkan keterampilan psikososial ODGJ merupakan salah satu tugas pengampu pelayanan publik di sektor Kesehatan.

Dalam penumbuhan inovasi di sektor Kesehatan khususnya dalam Pelayanan Kebutuhan ODGJ dapat dilakukan dengan analisis GAP kondisi saat ini dibandingkan dengan kondisi ideal.

Kondisi yang sering ditemukan dalam penanganan ODGJ adalah :

  1. Pendataan ODGJ  sebagai objek penanganan.
  1. Kasus ODGJ sering kambuh karena tidak ada kegiatan dan pengobatan rutin.
  2. Adanya Keluarga belum paham pendampingan ODGJ.
  3. Stigma ODGJ tinggi, ODGJ hanya menjadi tanggung jawab Puskesmas

Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa salah satu permasalahan yang muncul adalah Penangan ODGJ masih terbatas pada kegiatan penyuluhan dan pengobatan. Permasalahan ini muncul karena kondisi ideal yang diinginkan bersama adalah :

  1. ODGJ stabil dan tidak terjadi kekambuhan
  2. ODGJ memiliki keterampilan bekerja maupun keterampilan komunikasi yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari
  3. Keluarga semakin paham bagaimana mendukung dan mendampingi anggota keluarganya yang mengalami gangguan jiwa
  4. Penerimaan positif dari masyarakat dan menurunnya stigma terhadap ODGJ

Dari proses tersebut diatas, maka ide inovasi yang bisa dituangkan adalah reHAbilitasi jiWA dengan KEnali dan CEgah kekambuhan (HaWa  KeCe). Jangan lupa penamaan yang mudah diingat yaa..

Mari Bersinergi. Salam Riset. Salam Inovasi.

Awuy_RisNov2023

Scroll to Top