Bidang Litbang Melakukan Pendampingan Inovasi Posyandu Mobile

Ngawi, 5 maret 2024 – Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Salah satu tujuan utama dari Posyandu adalah memantau pertumbuhan dan perkembangan anak secara teratur. Setiap kali posyandu diadakan, berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala balita diukur untuk memantau apakah anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan lain seperti pemberian vaksinasi, pemberian makanan tambahan, pemeriksaan imunisasi, serta deteksi dini penyakit atau kelainan perkembangan.

Keberhasilan Posyandu sangat bergantung pada partisipasi dan keterlibatan masyarakat setempat. Melalui kerja sama aktif antara tenaga Kesehatan, kader posyandu dan masyarakat, program ini dapat mencapai tujuan-tujuannya dengan lebih efektif. Pencatatan yang akurat dan teratur di Posyandu sangat penting untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita.

Scroll to Top