Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Ngawi Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024 secara Daring

Ngawi, 1 April 2024 – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Ngawi aktif mengikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024 secara daring, yang diselenggarakan di ruang rapat Setda Kabupaten Ngawi pada hari Senin, 1 April 2024.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Kementerian terkait lainnya untuk menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul Fitri 2024 serta menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Mentan Amran Sulaiman, Mendag Zulkifli Hasan, dan Dirut Bulog Bayu Krisnamurthi.

Dalam sambutannya, Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi menegaskan bahwa Gerakan Pangan Murah akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia hingga 9 April 2024 mendatang. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar pasokan dan harga pangan terjaga dengan baik di masyarakat.

Dukungan dari seluruh stakeholders pangan penting dalam menjaga kesuksesan Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan ini. Satgas Pangan Polri juga khusus diminta untuk turut mengawal harga pangan di pasaran, khususnya untuk beras SPHP Bulog, agar tidak ada pelanggaran terhadap harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Terkait dengan harga eceran tertinggi (HET) beras premium, saat ini masih dilakukan relaksasi atas seizin Presiden Joko Widodo, menjadi Rp14.900 per kg. Ditambah dengan adanya panen raya diprediksi harga beras akan stabil secara bertahap.

Dengan adanya kerjasama antara pemerintah dan semua pihak terkait, diharapkan situasi pasokan dan harga pangan dapat terjaga dengan baik menjelang perayaan Idul Fitri 2024, sehingga masyarakat di seluruh Indonesia dapat mempersiapkan kebutuhan pokok mereka dengan lebih baik.

Scroll to Top