Bappeda dan TPID Ngawi Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Jelang Idul Adha Bersama Kementerian Dalam Negeri

Ngawi, 10 Juni 2024 – Bappeda bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Ngawi mengikuti Zoom Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri pada Senin, 11 Juni 2024. Rapat ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis dalam pengendalian inflasi menjelang Idul Adha.

Dalam rapat tersebut, beberapa langkah strategis yang dibahas antara lain:

  1. Rapat Koordinasi Jelang Idul Adha yang akan dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional pada 13 Juni 2024. Rapat ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan koordinasi antar lembaga dalam pengendalian inflasi menjelang hari raya.
  2. Gerakan Pangan Murah (GPM) di 226 titik yang akan dilaksanakan oleh 14 provinsi dan 68 kabupaten/kota. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau.
  3. Penyaluran dan Monitoring Penyaluran Beras SPHP. Hingga 7 Juni 2024, telah tersalurkan sebanyak 755 ton beras atau 62,97% dari total penyaluran Tahun 2024. Monitoring penyaluran ini penting untuk memastikan ketersediaan beras di masyarakat.
  4. Kios Pangan sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan. Saat ini, terdapat 82 kios pangan yang tersebar di 35 provinsi dan 68 kabupaten/kota. Pemerintah daerah dihimbau untuk memiliki kios pangan sebagai upaya menjaga pasokan dan harga pangan tetap stabil.

Pemerintah Daerah diharapkan aktif berperan serta dalam berbagai langkah strategis tersebut untuk memastikan stabilitas harga pangan menjelang dan selama perayaan Idul Adha.

Scroll to Top