PERBAIKI DATA KEMISKINAN, KECAMATAN PARON ADAKAN BIMTEK OPRATOR DTKS

Dalam upaya peningkatan data sasaran kemiskinan yang up to date, dilaksanakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) bagi operator Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) seluruh desa di wilayah Kecamatan Paron, Rabu (17/7/2024) di aula kantor Kecamatan Paron. Acara dipandu oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Paron.

Acara dibuka langsung oleh Camat Paron Arin Royanto, S.STP dan dipandu oleh tim dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Paron. Dalam sambutannya Arin menyampaikan bahwa pentingnya pengetahuan operator dalam perbaikan DTKS serta sinergitas perangkat Desa di wilayah  Kecamatan Paron. “DTKS merupakan data dasar dalam bantuan sosial. Oleh karena itu, data harus terbarukan sesuai keadaan masyarakat dan operator desa merupakan ujung tombak perbaikan data” ujarnya.

Lebih lanjut acara yang dipandu oleh tim pengelola DTKS Kabupaten disampaikan secara teknis perbaikan DTKS meliputi usul ketidaklayakan DTKS, Bansos yang terdiri dari bantuan PKH dan Bantuan Sosial Pangan, Penerima Bantuan Iuran (PBI) serta teknis-teknis lainnya.

Dengan bimtek ini diharapkan DTKS di Kecamatan Paron lebih terbarukan sesuai keadaan masyarakat yang terbaru. Tentunya dengan validitas DTKS yang baik akan mempengaruhi bantuan sosial dalam ketepatan sasaran penerimanya. (PPM)

Scroll to Top