Inovasi CERITA: Modernisasi Layanan Publik di Kabupaten Ngawi melalui Platform Online

 

Inovasi CERITA berfokus pada peningkatan layanan publik melalui platform online, hal ini  bertujuan untuk memodernisasi administrasi pemerintah dan meningkatkan pemberian layanan kepada warga negara. Layanan ini mencakup pembayaran pajak, lisensi bisnis, dan layanan kesehatan. Inisiatif ini dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Ngawi, dengan sasaran utama adalah kebutuhan warganya untuk memastikan akses yang lebih baik ke layanan pemerintah. Dengan di dampingi oleh BAPPEDA Kabupaten Ngawi.

Inovasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memodernisasi administrasi publik, yang telah diuji coba pada 3 Januari 2024 dan diimplementasikan pada 2 Agustus 2024. Fokus utama dari inovasi ini adalah di Kelurahan Karangtengah, di mana metode pelayanan tradisional masih digunakan. Tujuan dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam layanan pemerintah, serta mengatasi masalah – masalah seperti penundaan birokrasi dengan meningkatkan keterlibatan warga. Dengan mengadopsi teknologi informasi dan komunikasi, pemerintah memungkinkan akses yang lebih mudah ke layanan, mendorong partisipasi aktif warga, dan menumbuhkan lingkungan administrasi yang lebih responsif.

Scroll to Top