Webinar Pemanfaatan Data dalam mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)

Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kabupaten Ngawi menjadi Narasumber pada Webinar yang diadakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ngawi pada hari kamis, 21 September 2023. Seminar diadakan secara online melalui link zoom maupun dapat diikuti secara youtube streaming. Acara dimulai pada pukul 09.00 wib diawali dengan pembukaan dilanjutkan sambutan dari Keynot Speaker yaitu Kepala BPS Kabupaten Ngawi, Bp. Ir. Prayogo Setyo Widodo, MM.

Narasumber pada kegiatan kali ini adalah Dr. Sarni Maniar Berliana, S.ST, M.Si, Dosen Politeknik Statistika STIS dan Ita Marita, SE, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Kabupaten Ngawi.

Moderator oleh Ibu Lilik Hariyanti S,ST., M.Stat, Statistik Ahli Madya BPS Kabupaten Ngawi.

Peserta dalam kegiatan webinar yang hadir melalui link zoom kurang lebih 98 peserta yang datang dari berbagai lembaga yaitu BPS, Pemerintah Daerah maupun mahasiswa dari berbagai Universitas.

Pada kesempatan kali ini, Kabid Rendalev menyampaikan materi dengan Tema “Implementasi SDGs di Kabupaten Ngawi”

Sustainable Development Goals (SDGs) adalah serangkaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengatasi berbagai tantangan global, seperti kemiskinan, ketidaksetaraan, perubahan iklim, dan ketidakadilan sosial. Tujuan SDGs berfokus pada berbagai aspek pembangunan, termasuk ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Di Kabupaten Ngawi, Tujuan dan Indikator pada SDGs sudah terintegrasi dan terinternalisasi pada Dokumen Perencanaan baik Dokumen Perencanaan Daerah yaitu RPJPD, RPJMD dan RKPD. Tujuan dan Indikator pada SDGs juga melekat Dokumen Perencanaan yang ada di Perangkat Daerah mulai dari Rentra OPD maupun Renja OPD. Hal ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kecukupan Data pada Kabupaten Ngawi terkait SDGs juga sangat tinggi, yaitu 73%. Kecukupan data ini terus di dorong agar dapat tersedia lebih banyak, sehingga dengan data yang lengkap dan akurat diharapkan perencanaan lebih tepat sasaran. Data adalah bahan baku yang diperlukan untuk merencanakan, dan perencanaan yang baik membutuhkan analisis data yang teliti. Penggunaan data yang cerdas dalam perencanaan dapat membantu Pemerintah Daerah untuk mencapai tujuan dengan lebih baik.

Copyright © 2023 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ngawi

Jumlah pengunjung postingan ini : 357
Scroll to Top