RAPAT PERSIAPAN MUSRENBANG RKPD DI KECAMATAN TAHUN 2023

 

Setiap proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan, melalui suatu forum yang disebut sebagai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mulai dari tingkat dusun/lingkungan, desa/kelurahan, kecamatan sampai dengan kabupaten. Musrenbang berfungsi sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antara pelaku pembangunan tentang Rancangan RKPD Tahun 2024, yang menitikberatkan pada sinkronisasi Rencana Kerja antar Perangkt Daerah (PD) dan antara pemerintah Daerah dengan masyarakat. Forum Musrenbang akan lebih efektif apabila ada partisipasi aktif dri masyarakat yang menyangkut kepentingan untuk mensejahterakan masyarakat.

Musrenbang RKPD di Kecamatan merupakan Forum Musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyekapati langkah-langkah penangan progam kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan.

Musrenbang RKPD di Kecamatan akan dilaksanakan pada Rabu, 8 Februari 2023, secara serentak diseluruh kecamatan kabupaten Ngawi. Sebelum pelaksanaan musrenbangcam. Bappeda Kab.Ngawi mengadakan rapat persiapan musrenbangcam bersama Kasi PMD Kecamatan, pada Senin, 6 Februari 2023. Rapat dibuka oleh Sekretaris Bappeda Irine Sulistyowati, S.STP., M.Si.

Dalam rapat tersebut disampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan musrenbangcam, seperti bahan diskusi musrenbangcam, penyampaian renja kecamatan tahun 2024 oleh camat, penilaian musrenbangcam oleh Tim Bappeda, penyampaian susunan acara musrenbangcam sesuai juknis, penulisan banner musrenbangcam, dan hal-hal setelah pelaksanaan muscam. Siang hari rapat dilanjutkan dengan para JFT terkait penilaian musrenbangcam dan pembagian lokasi kecamatan.

Scroll to Top