Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam ekonomi Indonesia. Namun, pesatnya perkembangan UMKM juga menghadirkan persaingan yang semakin ketat, baik dari dalam negeri maupun produk impor. UMKM perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan pangsa pasarnya.
Dalam konteks ini, pemasaran digital menjadi solusi yang efektif. Bidang Litbang membersamai Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dalam inovasi PONG (Pasar Online Ngawi on Instagram). Platform ini membantu UMKM di Ngawi untuk merambah pasar lebih luas dengan jangkauan yang tak terbatas, bahkan hingga ke luar negeri. Keunggulan lainnya adalah ketersediaan 24/7 tanpa harus terbatas pada jam buka toko fisik.
Konsep Pemasaran 4.0, yang mengintegrasikan pemasaran tradisional dan digital, mengarah pada peningkatan interaksi dan keterlibatan konsumen. Pemasaran online menjadi jalan untuk menciptakan co-creation, memungkinkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam era ini, UMKM perlu beradaptasi dengan teknologi untuk tetap bersaing dan mengembangkan usahanya, dan PONG (Pasar Online Ngawi on Instagram) menjadi salah satu alat untuk meraih hal tersebut.