Bidang Litbang Mendampingi Inovasi CIKO BERKEMAH (Cipta KondisiBerantas Kemiskinan di Daerah) oleh Kesatuan Bangsa dan Politik

Bidang Litbang mendampingi Kesatuan Bangsa dan Politik dalam inovasi “CIKO BERKEMAH (Cipta Kondisi Berantas Kemiskinan di Daerah)” yang bertujuan membangun rasa nasionalisme dan mengatasi kemiskinan di Kabupaten Ngawi. Inovasi ini lahir dari keprihatinan terhadap kemungkinan merosotnya rasa nasionalisme di tengah perkembangan teknologi dan masuknya budaya luar. Inisiatif ini menciptakan “Safari Wawasan Kebangsaan” yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Kegiatan ini menyasar 19 kecamatan di Kabupaten Ngawi dan membawa pesan-pesan kebangsaan serta Empat Pilar Kebangsaan ke kepala desa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

 Dengan persentase kemiskinan Kabupaten Ngawi yang sebelumnya mencapai 15,57%, inovasi ini memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi angka kemiskinan. Kabupaten Ngawi pun termasuk wilayah prioritas penghapusan kemiskinan ekstrem berdasarkan Surat Keputusan Menteri Koordinator PMK No 25 Tahun 2022. Hasil dari inovasi ini diharapkan dapat menciptakan kondisi yang kondusif di daerah, menjamin keberlangsungan pembangunan, dan pada akhirnya, menurunkan angka kemiskinan secara signifikan. Dengan adanya dukungan dari BAPPEDA bidang Litbang, inovasi “CIKO BERKEMAH” diharapkan akan membawa dampak positif dalam membangun rasa nasionalisme, meningkatkan kesadaran sosial, dan mengatasi kemiskinan di Kabupaten Ngawi.

Scroll to Top