Proses Kreatif Melahirkan Inovasi

Upaya memunculkan kreativitas memang dibutuhkan proses, yakni proses kreatif. Proses yang terjadi dalam otak manusia mungkin masih merupakan misteri. Namun, semua itu dapat dikondisikan sedemikian rupa sehingga mampu memunculkan proses kreatif. Salah satu unsur yang memungkinkan terjadinya proses kreatif, adalah penciptaan suasana yang merangsang mengalirnya gagasan dengan bebas. Berbagai kecenderungan yang bakal mempengaruhi daya kreasi, pengembangan, dan pelaksanaan gagasan sudah selayaknya tak diberi peran, sehingga pemunculan kreativitastak tersumbat. Pepatah mengatakan, “pikiran itu seperti parasut…..yang hanya akan berfungsi bila terbuka.”

Proses kreatif berarti keleluasaan mengembangkan ide-ide dan gagasan secara bebas. Seorang kreatif adalah orang yang berani mengambil resiko. Seberapa besar resiko yang akan diambil, tergantung seberapa besar sesungguhnya kualitas kreativitas yang dilakukan. Seseorang yang berani mengambil resiko, tentu saja, usahanya akan lebih dapat berkembang maju, kini dan kedepan. Proses kreatif ini yang akan melahirkan Inovasi, baik yang bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun untuk kepentingan bersama.

Kemajuan sebuah usaha atau pekerjaan tak terlepas dari sejauhmana seseorang mampu Salah satu proses kreatif adalah tantangan berpikir (challenge). Kebiasaan yang terjadi, jika tidak ada tantangan untuk berpikir, kita tidak mau berubah, terbuai dengan situasi dan kondisi yang ada, sudah merasa berada di zona nyaman (comfort zone) yang sering melenakan. Sebuah zona yang membuat kita tidak berani keluar dari cara berpikir yang ada saat ini, tidak mau mencari alternatif dan inovasi, sehingga proses kreatif menjadi mandeg, bahkan mandul.

Proses birokrasi awalnya rentan akan kemandegan ide, namun dengan semangat penumbuhkembangan ekosistem riset dan inovasi, tidak boleh membuat individu birokrasi berhenti berkreasi. Tentunya yang akan muncul adalah pertanyaan bagaimana menyikapi tantangan berpikir agar proses kreatif tidak mandeg.

Jadi bagaimana kita mulai berkreatifitas? Bagaimana kita berinovasi? Mulai dari pekerjaan kita sehari-hari

Mari Bersinergi. Salam Riset. Salam Inovasi.

Awuy_RisNov2023

Scroll to Top