Bappeda dan PSPPR UGM Presentasi Pendahuluan IPI 2023

Ngawi, 16 November 2023 – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan PUSAT STUDI PERENCANAAN PEMBANGUNAN REGIONALUNIVERSITAS GADJAH MADA mengadakan presentasi pendahuluan Indeks Pembangunan Infrastruktur (IPI) Kabupaten Ngawi Tahun 2023. Acara yang berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Ngawi tersebut dihadiri oleh stakeholder terkait, antara lain perwakilan dari PLN, DPUPR, DPRKP, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perhubungan.

Dalam presentasinya, tim PSPPR UGM menjelaskan bahwa IPI merupakan indeks yang mengukur tingkat pembangunan infrastruktur di suatu daerah. IPI Kabupaten Ngawi Tahun 2023 akan mengukur 6 dimensi infrastruktur, yaitu infrastruktur transportasi, komunikasi, sanitasi, air bersih, energi, dan pertanian. Dimana penambahan indikator pertanian karena adanya irigasi sektor pertanian yang menjadi penyokong utama PDRB Kabupaten Ngawi

Pada dimensi infrastruktur transportasi, IPI akan mengukur kondisi jalan, jembatan, dan transportasi umum. Pada dimensi infrastruktur komunikasi, IPI akan mengukur ketersediaan infrastruktur telekomunikasi dan internet. Pada dimensi infrastruktur sanitasi, IPI akan mengukur kondisi sarana sanitasi dan akses terhadap air bersih. Pada dimensi infrastruktur air bersih, IPI akan mengukur kondisi sarana air bersih dan akses terhadap air bersih. Pada dimensi infrastruktur energi, IPI akan mengukur ketersediaan infrastruktur energi dan akses terhadap energi. Pada dimensi infrastruktur pertanian, IPI akan mengukur kondisi sarana pertanian dan akses terhadap sarana pertanian.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Ngawi, Nurul Awuy, mengatakan bahwa hasil IPI Kabupaten Ngawi Tahun 2023 akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah. “Hasil IPI akan menjadi masukan bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ngawi,” ujarnya.

Harapan kedepannya, IPI Kabupaten Ngawi Tahun 2023 dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan stakeholder terkait dalam meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ngawi.

Scroll to Top