Langkah Awal Pembangunan Jangka Panjang : Kabupaten Ngawi Ikuti Bimtek Penyusunan Dokumen RPJPD Berbasis Pembangunan Berkelanjutan dan Tanggap Bencana

Pada Tanggal 23 hingga 25 April 2024, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian, dan Dinas Perdagangan aktif mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Berbasis Pembangunan Berkelanjutan dan Tanggap Bencana. Acara ini berlangsung di Hotel Novotel, Jalan Cikini Raya no. 107, Cikini Menteng, Jakarta.

Dokumen RPJPD merupakan instrumen penting dalam merancang pembangunan suatu daerah. Dalam bimtek tersebut, peserta, mendapat pemahaman teknokratik dan teknis terkait transformasi ekonomi, sosial, dan ekologi dalam perencanaan pembangunan daerah. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan integrasi yang kuat antara aspek pembangunan berkelanjutan dan tanggap bencana lingkungan dalam dokumen perencanaan.

Dengan berakhirnya masa berlaku dokumen RPJPD 2005-2025 pada tahun 2025, momentum ini dijadikan kesempatan untuk mengakomodasi isu-isu berkelanjutan yang responsif terhadap bencana dalam RPJPD 2025-2045. Hal ini sejalan dengan Visi Indonesia Emas 2045 yang menekankan pembangunan berkelanjutan sebagai salah satu fokus utama.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memfasilitasi 30 Kabupaten yang menjadi target pendampingan dalam menyusun dokumen RPJPD berbasis pembangunan berkelanjutan dan tanggap bencana lingkungan. Diharapkan dengan adanya bimtek ini, akan tercipta sinergi yang kuat antara pemerintah daerah, stakeholder terkait, dan masyarakat dalam merumuskan arah pembangunan yang berkelanjutan dan adaptif terhadap perubahan lingkungan.

Scroll to Top