Motivasi PEMDA dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) PSDKU POLIJE Kampus 5 Ngawi

Ngawi, 05 Agustus 2024 – Mewakili Kepala Bappeda Ngawi, Kepala Bidang Litbang (Nurul Awuy) dan JFT Perencana (HEndri) memberikan sambutan hangat dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) PSDKU Politeknik Negeri Jember (Polije) Kampus 5 Ngawi yang mengusung tema “Membangun Karakter, Menginspirasi Perubahan”.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para mahasiswa baru PSDKU Polije Kampus 5 Ngawi tahun akademik 2024/2025. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pembekalan yang baik bagi seluruh mahasiswa baru dalam memulai studinya, termasuk pengenalan kehidupan kampus serta pembelajaran yang mandiri dan produktif sebagai inspirasi dan motivasi dalam studinya.

“Program prioritas pemerintah saat ini adalah pembangunan SDM unggul, yaitu sumber daya manusia yang kreatif dan adaptif serta mampu menghadapi berbagai tantangan masa depan. Mahasiswa baru PSDKU Polije Kampus 5 Ngawi dituntut untuk menjadi SDM yang sehat, memiliki produktivitas tinggi, menghasilkan manfaat dan maslahat, memiliki semangat berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia. Ini adalah karakter kuat yang harus kita komitmenkan bersama, di mana harapan ke depannya akan mencetak Agen of Change, agen perubahan,” ujar Kabid Litbang.

Lebih lanjut, beliau mendorong PSDKU Polije Kampus 5 Ngawi untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif demi menghasilkan generasi yang unggul dan profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), riset dan inovasi (RIN), berjiwa wirausaha, menjunjung nilai-nilai Pendidikan Karakter Pancasila, serta mampu bersaing secara nasional dan internasional.

Di era industri 5.0 saat ini, SDM Indonesia harus menguasai IPTEK dan inovatif, namun juga harus mampu bersikap saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mampu bertoleransi, berempati, dan bersosialisasi dengan damai. “Kami harap mahasiswa PSDKU Polije Kampus 5 Ngawi dapat menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, yang memiliki berbagai macam budaya, agama, suku, dan ras. Di skala kecil kelas baru ini saja sudah terlihat berbagai macam budaya, suku, dan ras,” tambah beliau.

Beliau juga menyoroti isu strategis pembangunan di Ngawi yang mirip dengan daerah lain, yakni kebutuhan untuk menggeliatkan perekonomian daerah. Kehadiran Kampus PSDKU ini diharapkan dapat menjadi akselerator dalam mendukung perekonomian dengan menciptakan generasi milenial berdaya saing di bidang kesehatan dan pertanian. Kesehatan adalah prioritas aktual pembangunan, sedangkan pertanian adalah tulang punggung perekonomian Ngawi khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

“Ide berinovasi biasanya datang dari tantangan atau kesulitan yang dihadapi dan dilahirkan oleh para milenial yang kreatif dan melek teknologi. Banyak sekali start-up yang telah membuktikan bagaimana proses kreatif inovatif dapat menggeliatkan perekonomian dalam skala besar, seperti GRAB,” katanya.

Beliau juga mengapresiasi inovasi Manajemen Nutrisi Balita Stunting (Nasi Banting) oleh Ns. Kurniawan Erman Wicaksono, S.Kep., M.Kes. dan Pricylia Oka Diah Ayu Purnamasari, S.Kom., M.T., yang telah teruji di level Kabupaten dan masuk peringkat 6 besar. “Semoga ke depannya kita bisa kembangkan bersama sebagai salah satu alat dalam pembangunan sektor kesehatan,” ujarnya.

Untuk mahasiswa baru yang memilih jurusan Manajemen Agribisnis, beliau mengajak untuk bersama menciptakan inovasi baru di sektor agribisnis. “Menjadi inspirator perubahan di daerah lumbung padi nasional. BPS pusat menyatakan Ngawi dengan surplus gabah tertinggi nomor satu di Indonesia. Peringkat terbaik produksi gabah tertinggi di Indonesia, tidak lepas dari semangat para petani di Ngawi. Dan tentunya, peran milenial sangat dinantikan untuk mendukung proses regenerasi SDM sektor agribisnis,” katanya.

Akhir kata, beliau mengucapkan selamat datang di Polije kepada mahasiswa baru. “Perjalanan kalian baru saja dimulai, dan kami siap untuk berjalan bersama kalian menuju kesuksesan. Jadikanlah masa kuliah ini sebagai waktu untuk mengembangkan diri, mengejar mimpi, dan menjadi agen perubahan bagi bangsa,” tutup beliau.

Selamat kepada seluruh mahasiswa baru PSDKU Polije Kampus 5 Ngawi, selamat menempuh perjalanan akademik yang penuh inspirasi dan perubahan!

Scroll to Top