Optimalisasi Ketahanan Pangan: Bappeda Ngawi Gelar Rapat Koordinasi Review RAD-PG 2024

Ngawi, 19 Juni 2024 – Bidang Perekonomian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ngawi melaksanakan Rapat Koordinasi Pengisian Matrix Penajaman Strategi dan Aksi pada Dokumen Review Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) Kabupaten Ngawi. Rapat ini dibuka oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda yang menjelaskan esensi dari pelaksanaan review dokumen RAD-PG.

Dalam rapat ini, dilakukan desk dengan pendampingan dari Tim Ahli dan JFT Bidang Perekonomian Bappeda kepada setiap OPD terkait. Pendampingan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengisian matrix strategi dan aksi dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Ketahanan pangan dan gizi merupakan salah satu pilar pembangunan berkelanjutan dan sejalan dengan Prioritas Pembangunan Nasional yang tertuang dalam Program Ketahanan Pangan dan Penurunan Stunting pada RPJMN 2020 – 2024.

Pada tahun 2021, Bappeda Kabupaten Ngawi telah menyusun Dokumen Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG). Tahun ini, Bappeda akan melakukan review terhadap dokumen tersebut untuk menyesuaikan dengan regulasi RAD-PG dan perkembangan aktual pangan dan gizi yang dinamis.

Terdapat beberapa perbedaan dalam konsep penyusunan review RAD-PG kali ini dibandingkan dengan dokumen sebelumnya. Perbedaan utamanya antara lain:

  1. Tujuan Strategis: Konsep baru memecah rencana aksi menjadi empat tujuan strategis, berbeda dengan konsep lama yang mengintegrasikannya dalam lima pilar yang ada.
  2. Pengisian Kesenjangan: Konsep baru fokus pada mengidentifikasi dan mengatasi kesenjangan untuk mempercepat pencapaian tujuan nasional.
  3. Pertimbangan Gender: Konsep baru menempatkan lebih banyak penekanan pada kesetaraan gender dalam penyusunan aksi.
  4. Fokus Ketahanan: Konsep baru memiliki cakupan yang lebih luas, bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dalam keadaan darurat, termasuk tantangan terbaru seperti pandemi COVID-19.

RAD-PG menjadi bagian dari ketahanan pangan dan gizi, yang selain mengacu pada RPJPN dan SDGs, dalam pelaksanaannya juga harus sinkron dengan gerakan atau rencana aksi lain yang mendukung pelaksanaan pembangunan pangan dan gizi. Gerakan-gerakan tersebut meliputi Percepatan Penurunan Stunting, Air Minum dan Penyehatan Nasional (AMPL), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), serta Strategi Nasional Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Review RAD-PG kali ini menekankan keselarasan Aksi Daerah dengan Aksi Nasional.

Kegiatan review RAD-PG ini diharapkan mampu memberikan penajaman terhadap program dan kegiatan yang sudah ada dalam dokumen RAD-PG Kabupaten Ngawi, sehingga lebih efektif dalam mendukung ketahanan pangan dan gizi di daerah.

Scroll to Top