Ranting Bersemi: Program Inovatif untuk Optimalkan Pertumbuhan Balita bersama Puskesmas Padas

Ranting Bersemi merupakan inovasi yang dirancang untuk menangani masalah stunting pada balita dengan fokus pada rujukan dan perawatan melalui sistem layanan kesehatan berjenjang. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan anak-anak, khususnya balita yang menghadapi masalah pertumbuhan dan kekurangan gizi. Penerima manfaat utama dari program ini adalah balita yang mengalami stunting dan masalah berat badan, beserta keluarga mereka.

Inovasi Ranting Bersemi telah diuji coba dan diimplementasikan pada tanggal 7 Maret 2023. Sejak saat itu, kegiatan tertentu telah dijadwalkan termasuk pengumpulan data bulanan dan hari layanan kesehatan mingguan untuk memastikan efektivitas program ini. Program ini beroperasi dalam lingkungan kesehatan masyarakat yang dimulai dari Posyandu hingga Puskesmas, dan selanjutnya ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Pendekatan berjenjang ini ditetapkan untuk memastikan bahwa setiap balita mendapatkan perhatian yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan mereka.

Tujuan utama dari inovasi ini adalah untuk mencegah stunting pada balita dengan mengatasi kekurangan gizi dan masalah kesehatan terkait. Dengan melakukan rujukan dan intervensi yang tepat diharapkan dapat mencegah dampak jangka panjang dari stunting pada perkembangan anak. Proses yang dilakukan dalam Ranting Bersemi ini melibatkan pengumpulan data sistematis mengenai pertumbuhan balita, rujukan terjadwal berdasarkan penilaian kesehatan, serta pemberian intervensi yang sesuai atau rujukan lebih lanjut jika diperlukan. Dengan adanya inovasi Ranting Bersemi ini diharapkan dapat tercipta generasi yang lebih sehat dan cerdas dengan mengurangi angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak di masyarakat. Program ini menjadi langkah awal pencegahan stunting yang dilakukan oleh Puskesmas Padas yang didampingi oleh BAPPEDA Kabupaten Ngawi guna menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan optimal bagi balita.

Scroll to Top