Rancangan Awal RKPD 2024, Pemkab Ngawi Gelar Forum Konsultasi Publik

Meneruskan berita dari @https://suarangawi.com/rancangan-awal-rkpd-2024-pemkab-ngawi-gelar-forum-konsultasi-publik NGAWI – Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) pada, Senin (9/1/2023).

FKP yang digelar di Pendopo Wedya Graha tersebut dalam rangka membahas rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ngawi tahun 2024.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono mengatakan, FKP RKPD merupakan rangkaian dari proses penyusunan RKPD yang bertujuan sebagai wahana jaring aspirasi masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi untuk mengoptimalkan hasil pembangunan di Kabupaten Ngawi.

“Kami berharap adanya partisipasi masyarakat dalam FKP RKPD ini sebagai proses perencanaan pembangunan daerah agar bisa membangun komitmen bersama untuk Kabupaten Ngawi menjadi lebih baik lagi ke depan,” kata Mas Ony panggilan akrab Bupati Ngawi.

“Jadi melalui penyusunan dokumen tersebut, perencanaan pembangunan daerah bisa berkualitas dan tepat sasaran sesuai dengan visi Kabupaten Ngawi, Semesta Berencana,” ujar Ony menambahkan.

Lebih lanjut Ony menjelaskan, untuk RKPD tahun 2024 dokumen perencanaan pembangunan daerah yang disusun berdasarkan arah kebijakan Pembangunan Daerah mengacu pada RPJMD Tahun 2021-2026, serta memperhatikan Prioritas Pembangunan Nasional dan Prioritas Provinsi Jawa Timur.

“Jadi hal ini juga menjadi sebuah titik balik kepemimpinan kami sebagai Kepala Daerah di Kabupaten Ngawi, apakah visi misi kami selaku kepala daerah telah on progress sesuai target ataukah masih jauh dari harapan,” terangnya.

“Dari hal tersebut kami mengharapkan tahun 2024 menjadi tahun refleksi dan perumusan strategi agar capaian visi dan misi bisa menunjukkan progress yang positif,” pungkasnya kepada SUARA NGAWI.

Senada dikatakan Kepala Bappeda Ngawi, Indah Kusumawardhani. Bahwa tujuan FKP ini untuk menginventarisir permasalahan yang terjadi di masyarakat dan menjadi isu strategis.

Tentu wajib dilakukan kegiatan menjaring aspirasi masyarakat sebagai bahan dalam penyusunan Rancangan RKPD Kabupaten Ngawi Tahun 2024 dan Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2024.

“Kami berharap semua stakeholder untuk mengawal pembangunan daerah mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasannya bisa berjalan maksimal dengan harapan hasil sesuai yang ditargerkan,” pintanya.

Selain Bupati Ngawi dan  Wakil Bupati Ngawi, RKP tersebut turut juga dihadiri okwh Ketua Komisi 3 DPRD Ngawi Imam Nasrulloh, Sekda Ngawi Mokhamad Sodiq Triwidianto, Perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Timur Denny Teguh Setiawan (Subkor Bidang Rendalef),

Kepala Bappeda Kabupaten/Kota tetangga, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, perwakilan tokoh agama, tokoh ormas, asosiasi profesi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pelaku dunia usaha, kelompok khusus, penggiat lingkungan hidup, BUMD, BUMN dan Media serta disiarkan secara live melalui kanal kominfo Pemkab Ngawi.

Scroll to Top