Rakor Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah Minggu Ke-4 Mei : Pantau Kenaikan Harga Komoditas Pangan dan Rekomendasi GPM

TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kabupaten Ngawi aktif mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah di Command Centre Kabupaten Ngawi. Rapat dilaksanakan secara daring pada Senin, 20 Mei 2024. Rakor ini dilakukan untuk membahas pemantauan harga yang dilakukan oleh Sistem Pemantauan dan Pengendalian Kebutuhan Pokok (SP2KP) pada minggu kedua Mei 2024.

Berdasarkan pemantauan SP2KP, beberapa komoditas pangan menunjukkan peningkatan harga yang signifikan. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dan memerlukan perhatian khusus karena bertambahnya jumlah kabupaten/kota yang terdampak adalah bawang merah, cabai merah, gula pasir, bawang putih, dan telur ayam ras.

Selain itu, harga beras terus mengalami penurunan hingga minggu ketiga Mei 2024. Penurunan harga ini sejalan dengan masuknya periode panen raya yang berlangsung sepanjang Maret hingga April 2024.

Dalam rapat tersebut, pemerintah daerah diharapkan dapat mengambil langkah proaktif untuk mengendalikan inflasi. Salah satu langkah yang direkomendasikan adalah pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM). GPM diharapkan mampu membantu menjaga kestabilan harga pangan dan memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

Dengan adanya langkah-langkah pengendalian ini, diharapkan inflasi dapat terkendali dan harga bahan pokok tetap stabil, sehingga tidak memberatkan masyarakat. Pemerintah daerah diharapkan terus berkoordinasi dengan TPID untuk memonitor perkembangan harga dan mengambil tindakan yang diperlukan secara tepat waktu.

Scroll to Top