Ngawi, 16 februari 2024 – SI MATA MOLEK (Sistem InforMAsi PariwisaTA Media Online dan eLEKtronik) adalah sebuah inovasi dalam kegiatan promosi dan pemasaran pariwisata melalui media online dan elektronik dengan tujuan menjangkau masyarakat luas. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah memanfaatkan teknologi scan barcode untuk memberikan informasi pariwisata yang visual melalui berbagai media seperti roll banner, merchandise, spanduk, dan baliho. Media-media ini dipasang strategis di berbagai instansi layanan publik seperti kantor pemerintahan, perusahaan swasta, serta tempat-tempat usaha di sektor pariwisata.
Dengan pendekatan ini, SI MATA MOLEK tidak hanya memberikan informasi yang lengkap dan terkini mengenai destinasi pariwisata, tetapi juga mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan aksesibilitas dan daya tarik informasi bagi masyarakat. Misalnya, pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai lokasi wisata, fasilitas yang tersedia, dan aktivitas yang dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pemindai barcode pada perangkat mereka.
Pemasangan media-media promosi di instansi layanan publik dan tempat usaha pariwisata bertujuan untuk mengoptimalkan eksposur informasi pariwisata kepada masyarakat yang memiliki kepentingan langsung maupun tidak langsung terhadap sektor pariwisata. Dengan demikian, SI MATA MOLEK tidak hanya menjadi sarana promosi yang efektif tetapi juga berperan dalam meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat untuk menjelajahi serta memanfaatkan potensi pariwisata yang ada di daerah tersebut.