Pembukaan PSDKU Politeknik Negeri Jember Kampus 5 di Kab. Ngawi dan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023

Rapat diawali dengan sambutan dari Bapak Antok (Tim Polije). Beliau menuturkan bahwa pendidikan tinggi vokasi yang akan dilalui oleh anak didik kita harapannya akan membawa manfaat, keahlian, dan bekal untuk kedepan untuk mengisi ruang pasar kerja. Inisiasi bapak bupati mendorong berdirinya kampus Polije di Kab. Ngawi. Kami sangat mendukung program pemerintah dalam mendukung keberdayaan untuk pengalaman bekerja di pendidikan vokasi. Selanjutnya sambutan pengarahan dari Bapak Wakil Bupati (Bapak Dwi Rianto Jatmiko) sekaligus membuka acara. Beliau mengungkapkan bahwa:

 

  • Keberadaan perguruan tinggi negeri di Kab. Ngawi sudah diinisiasi sejak Bupati yang lama, namun PR tahun 2015 program prioritas mendirikan perguruan tinggi negeri yang masih belum terealisasi. Sekarang ini sudah masuk tahapan yang real. Tahapan-tahapan yang sudah dilewati sudah dilalui dengan baik.
  • Kami mohon kembali support dan dukungan yang sebagai pengelola/owner/koordinator yang menunjang terhadap realisasi berdirinya Polije di Kab. Ngawi.
  • Untuk prodi yang dibuka telah dilakukan kajian dengan stakeholder, sudah diperhitungkan market yang ada dan mempertimbangkan mahasiswa pasca lulus. Untuk 2 prodi yang dibuka ini terbilang baru, maka kami berharap Bapak Dinas Pendidikan narasi sosialisasinya disampaikan secara baik dan detail. Sehingga orang tua dapat memahami ilmu dari prodi yang dibuka tersebut diminati oleh anak-anak yang ada di Kab. Ngawi bahkan diluar Kab. Ngawi.
  • Ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan visi dari bapak bupati terkait peningkatan SDM melalui kemudahan akses pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan bidang yang lain. Meningkatkan positif rate dari PPM kita.

SOSIALISASI TIM HUMAS POLIJE

Di era revolusi industri 4.0, politeknik merupakan salah satu pilihan dan jembatan strategis yang menyongsong masa depan. Berdasarkan hasil survei, mahasiswa baru Polije 2021-2022, informasi yang mereka dapatkan 32% berasal dari media sosial, 32% dari sekolah/guru BK, dan 36% dari lain-lain. Oleh karena itulah pentingnya sosialisasi ini diselenggarakan.

Permasalahan dasar siswa dan masyarakat saat ini saat melanjutkan ke perguruan tinggi antara lain : 1) adanya urgensi melanjutkan ke perguruan tinggi, 2) minat, bakat dan kemampuan, 3) belum paham perbedaan antara PT akademik dan vokasi, 4) ikut-ikutan teman. Perbedaan dasar PT akademik dan vokasi terlihat dari kurikulum dan dan nama jenjang.

Alasan pentingnya PT Vokasi ialah kurikulum menitikberatkan pada SKILL (60% praktikum), lulusan PT sangat dibutuhkan dunia industri, era bonus demografi dan revin 4.0 dibutuhkan SDM kompeten dan berdaya saing, mudah beradaptasi dengan kebutuhan dunia industri. Faktanya di negara maju jumlah PT vokasi seimbang atau lebih banyak daripada PT akademik.

Kenapa Memilih Polije ?

Peringkat ke 7 Politeknik Terbaik se-Indonesia versi Webometric tahun 2022

  1. Peringkat 2 Terbaik Capaian IKU PTN kelompok Politeknik
  2. Peringkat 5 Besar Capaian Pendanaan PKM Vokasi
  3. Peringkat Terbaik II Nasional (Politeknik) untuk pembinaan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA)
  4. Peringkat 4 Besar Capaian Pendanaan Wirausaha Mahasiswa Vokasi
  5. 4 Besar Politeknik Berproduktif Menghasilkan Publikasi Internasional versi Scopus
  6. Menyediakan Entrepreneurship Center (Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan)
  7. Mengembangkan 23 Teaching Factory (TeFa) berstandar industri di dalam kampus
  • TeFa smart green house
  • TeFa bakery and coffee
  • TeFa pengalengan ikan
  • TeFa pabrik produksi benih
  • TeFa feedlot dan sapi perah
  • TeFa kebun bunga potong (krisan)
  • TeFa pabrik pakan ternak
  • TeFa Rotograuve dan printing
  1. Didukung lembanga sertifikasi profesi (LSP P1 Polije) berlisensi BNSP (33 skema)
  2. Lulusan Polije mendapatkan ijazah, sertifikasi kompetensi sesuai skema, microsoft, kemampuan berbahasa dan SKPI.

Jurusan, Program, dan Akreditasi

Kelas Internasional (Dual Degre Programs)

  1. Dengan Changzaou Institute of Mechatronic Technology China (Program Manajemen Informatika)
  2. Dengan Management and Science University (MSU) Malaysia serta Magister Fast Track (Teknik informatika)
  3. Dengan Wuxi Institute of Technology (WUXIT) China (Prodi Teknik Komputer)

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023

Berdasarkan Permendikbudristek No 48 Tahun 2022, ada transformasi PMB 2023, dimana yang dulunya SNMPTN berubah menjadi SNBP dan yang dulunya SBMPTN berubah menjadi SNBT. Selain itu, tidak ada lagi pilihan prodi berdasarkan saintek ataupun soshum, semua siswa dapat memilih prodi yang diinginkan berdasarkan tes potensi skolastik, penalaran matematika, literasi bahasa indonesia dan literasi bahasa inggris. Untuk ketentuan pilihan prodi pada jalur SNBT setiap siswa diperbolehkan memilih 2 program studi pada satu PTN atau masing-masing satu prodi pada dua PTN (ini yang dinamakan Merdeka Bertanggungjawab).

Adapun prodi yang bisa dipilih jalur SNBP-SNBT 2023 antara lain :

  • Semua program studi yang ada di kampus utama Jember (D-III dan S.Tr);
  • Prodi Bisnis Digital kampus 2 Bondowoso (S.Tr)
  • Prodi Manajemen Agribisnis kampus 3 Nganjuk (D-III)
  • Prodi Teknik Informatika kampus 3 Nganjuk (S.Tr)
  • Prodi Manajemen Agroindustri kampus 4 Sidoarjo (S.Tr)
  • Prodi Teknik Informatika kampus 4 Sidoarjo (S.Tr)
  • Prodi Manajemen Informasi Kesehatan kampus 5 Ngawi (S.Tr)
  • Prodi Manajemen Agribisnis kampus 5 Ngawi (S.Tr)

Peserta Pelamar Beasiswa KIP Kuliah

Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya apendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah), informasi lebih detail dapat dilihat pada website https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

Scroll to Top