Menggali Potensi Inovasi: Hasil Survei Pemanfaatan Inovasi di Kabupaten Ngawi

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ngawi telah melaksanakan Survei Pemanfaatan Inovasi di Kabupaten Ngawi. Survei pemanfaatan inovasi menjadi instrumen penting dalam menganalisis sejauh mana inovasi telah dimanfaatkan dalam konteks pembangunan. Adanya survei ini guna membantu pemerintah dalam mengambil keputusan yang lebih baik, meningkatkan kualitas layanan publik, dan memajukan pembangunan di wilayah tersebut.

Agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah kabupaten dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah maka diselenggarakan Indeks Inovasi Daerah/ Innovative Government Award, sehingga dapat mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan, guna terwujudnya kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini juga sekaligus dapat memberikan motivasi kepada kita semua untuk selalu berinovasi dalam menjalankan pekerjaan kita sehari-hari.

Secara umum adanya Penilaian dan Pemberian Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif (Indeks Inovasi Daerah) ini ditujukan untuk :

  1. Memotivasi pemerintah kabupaten untuk meningkatkan inovasi dalam pelayanan masyarakat sesuai dengan kategori sangat inovatif, atau inovatif, serta memotivasi pemerintah daerah kurang inovatif dan tidak dapat dinilai, untuk dapat meningkatkan inovasi nya;
  2. Mendorong penerapan good governance;
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap proses-proses inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah; dan
  4. Memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang berhasil menerapkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah secara transparan, dalam upaya peningkatan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.
Scroll to Top