Bidang Litbang Mendampingi  Inovasi PERWIRA (Pelaporan Kerusakan Irigasi Ngawi Ramah) oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Ngawi

Kabupaten Ngawi, yang merupakan salah satu pilar lumbung pangan nasional, memiliki luas lahan pertanian 129.816 Ha dengan 50.715 Ha diantaranya sebagai sentra tanaman padi. Namun, infrastruktur seperti jaringan irigasi menjadi kunci keberhasilan. Upaya mempertahankan dan meningkatkan efektivitas jaringan irigasi menjadi fokus. Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang didampingi oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan menerapkan inovasi dalam pelaporan kerusakan jaringan irigasi melalui Google Drive.

Sistem pelaporan baru ini diharapkan dapat memberikan laporan yang lebih efektif, efisien, tepat waktu, dan akurat, sehingga penanganan kerusakan dapat lebih cepat. Sebelumnya, terdapat hambatan dalam pelaporan yang mengakibatkan penanganan yang lambat. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan pelaporan kerusakan jaringan irigasi dapat dikelola dengan lebih baik, mendukung kelancaran operasional, dan menjaga kelestariannya.

Scroll to Top