Pemkab Ngawi Ikuti Webinar Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023

Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Bakesbangpol) bersama Perangkat Daerah terkait ikuti webinar bersama Derektorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum bersama Kementerian Dalam Negeri RI dan Pemerintah Provinsi, di ruang rapat Bakesbangpol Kamis (11/5/2023) dalam kegiatan webinar bertajuk Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2023. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ngawi yang diwakili Perencana Ahli Muda Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Guruh Mardiantoro turut hadir dalam acara tersebut.

Acara yang dibuka langsung oleh Dirjen Politik dan PUM Kemendagri, Bahtiar mengatakan bahwa bendera merah putih adalah simbol negara yang paling netral dibanding dengan yang lainnya. “Kami berfikir harus ada sesuatu yang bisa membangkitkan lagi semangat rasa kebangsaan kita. Membangkitkan rasa kebangsaan yang kembali timbul, kemudian semangatnya kembali menguat dan sampai nanti akan mencapai pada tahap cinta pada NKRI. Apabila sampai tahap cinta pada negara apapun siap dipertaruhkan dan dikorbankan demi negara tercinta”. ucap Bahtiar dalam sambutan dan arahannya membuka secara resmi webinar tersebut. Dalam kesempatan ini Bahtiar menerangkan, boleh kita berbeda-beda berpartai politik dan memilih pemimpin yang menurut versi kita. Tetapi ada bendera yang paling tinggi paling terhormat dan paling mulia yang mengikat kita sebagai sebuah bangsa yaitu namanya Bendera Merah Putih.

Bertindak sebagai moderator, Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Drajat Wisnu Setyawan menerangkan “Tahun 2023 ini sudah terbit SE Mendagri yang ditandatangani oleh Sekjen Kemendagri terkait bagaimana proses pembagian bendera merah putih pada tahun 2023 ini”. ucap Drajat. Ditahun 2023 Bakesbangpol Provinsi dan Kabupaten/ Kota diharapkan sebagai leading sector dalam gerakan ini baik di Provinsi maupun Kabupaten/ Kota”. Tambahnya. Oleh Karenanya pemerintah pusat  telah menyiapkan program kegiatan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih 10 juta bendera, yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2023 mendatang. Selain pembagian bendera akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait keutaman bendera merah putih.

Pelaksanan pembagian bendara merah putih oleh Pemerintah Pusat  telah  ditindak lanjuti oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui program kegiatan Gerakan Memperkuat Cinta Tanah Air, Bela Negara dan memperkokoh kebangsaan. Gerakan ini melibatbatkan seluruh Kabupaten/ Kota se Jawa Timur, pihak swasta dan masyarakat dalam rangka  menggelorakan semarak HUT RI Tahun 2023. Sampai dengan saat ini telah dibagikan Bendera Merah Putih serjumlah 5.005.474 kepada masyarakat di Jawa Timur.

Diakhir acara, Drajat menyampaikan agar Kepala Daerah wajib memberikan himbauan dan suport kepada masyarakat terhadap pengibaran dan pemasangan bendera menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan masukan dari para pemimpinan Pemerintahan Daerah, Tokoh Agama, Tokah adat dan organisasi eksternal agar nantinya masyarakat sadar dan sangat bersyukur dengan adanya hari kemerdekaan ini.(PPM)

Scroll to Top