BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN RPJPD TAHUN 2025-2045

Ngawi, 24 Januari 2024 - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Ngawi menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk periode tahun 2025-2045. Acara ini resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Ngawi dan dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ngawi.
Tujuan dari Kegiatan adalah untuk mewujudkan sinkronisasi RPJPD Kabupaten Ngawi dengan RPJPN serta menyepakati Visi dan Misi Daerah, Arah Kebijakan, dan Sasaran Pokok Jangka Panjang Daerah beserta indikator dan targetnya untuk Periode Tahun 2025-2045.
Bimtek kali ini tidak hanya sebagai media untuk menyerap ilmu dan wawasan dari Narasumber, tetapi juga untuk menyamakan persepsi antara Kepala Daerah dan seluruh Perangkat Daerah dalam menetapkan substansi RPJPN hingga target Indikator Pembangunan Daerah 20 tahun ke depan yang diimplementasikan dalam kemasan Forum Group Discussion.
Wakil Bupati Kabupaten Ngawi, dalam sambutannya, mengajak para undangan untuk mengikuti Arahan dari Bappenas RI berkaitan dengan sinkronisasi RPJPD dengan RPJPN agar kita mendapatkan pedoman dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam penyusunan Rancangan RPJPD Kabupaten Ngawi Tahun 2025-2045.
Dua narasumber utama yang dihadirkan dalam Bimtek ini memberikan wawasan yang luas terkait dengan perencanaan pembangunan. Dr.rer.nat. Jayadi, S.Si, M.S.E., M.A., yang berasal dari Bappenas RI, memberikan perspektif nasional terkait dengan arah dan prioritas pembangunan di tingkat nasional. Sementara itu, Prof. Firmansyah, S.E., M.Si, P.h.D, dari Universitas Diponegoro, membahas aspek-aspek akademis dan teknis dalam penyusunan RPJPD.
Para peserta Bimtek, yang terdiri dari seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Kepala BPS Kabupaten Ngawi, mendapatkan kesempatan untuk berdialog dan bertanya langsung kepada para narasumber, memperdalam pemahaman mereka terkait dengan tantangan dan peluang dalam menyusun RPJPD yang responsif terhadap dinamika pembangunan.
Kepala BAPPEDA Kabupaten Ngawi berharap bahwa Bimtek ini akan menjadi langkah awal yang baik dalam persiapan menyeluruh Kabupaten Ngawi menuju masa depan yang lebih baik. "Kami berharap, Bimtek ini menjadi sangat penting karena menjadi bahan dalam Konsultasi dengan Bappeprov dan Pembahasan dengan DPRD Kabupaten Ngawi nanti," ungkap Kepala BAPPEDA.
Acara ini diakhiri dengan FGD per Tema Misi RPJPD Kabupaten Ngawi Tahun 2025-2045 dan tanya jawab yang aktif, menandai kerjasama antara berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Ngawi.
Scroll to Top