BIMBINGAN TEKNIS SISTEM MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN TAHUN 2024

Ngawi, 24 Februari 2024 - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ngawi telah sukses menyelenggarakan acara Bimbingan Teknis Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 22-23 Februari 2024 ini dihadiri oleh para pengguna Sistem Monitoring Evaluasi Pembangunan (SMEP) dari seluruh perangkat daerah di Kabupaten Ngawi. Bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengguna SMEP dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap berbagai program dan proyek pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Ngawi. Dengan adanya sistem yang efektif dalam monitoring dan evaluasi, diharapkan kinerja pembangunan di daerah dapat dipantau secara lebih baik sehingga hasil yang optimal dapat dicapai.
Dalam rangka penyajian Laporan Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Tahun 2024 yang valid dan berkualitas, serta menindaklanjuti perubahan indikator kinerja pada dokumen Perubahan Renstra Kedua Perangkat Daerah tahun 2021-2026, maka harus dilakukan sinkronisasi data dalam aplikasi SMEP. Hal ini berdampak pada data dalam E-Dokumen SMEP juga harus dilakukan perubahan dan penyesuaian, yang kemudian dilanjutkan dengan sinkronisasi data dalam menu evaluasi SMEP serta menu evaluasi berjenjang (SIKEB).
Pada Bimtek SMEP ini, akan dilakukan pengisian indikator kinerja Perangkat Daerah, serta indikator dan target program, kegiatan dan sub kegiatan sesuai dengan Perubahan Renstra Kedua Perangkat Daerah tahun 2021-2026. Selanjutnya dilakukan sinkronisasi data pagu anggaran beserta aliran kasnya sesuai APBD tahun 2024, serta pengisian evaluasi berjenjang.
Dengan dilaksanakannya evaluasi melalui aplikasi SMEP berupa evaluasi kerja, kinerja dan evaluasi berjenjang maka dapat dilihat seberapa besar program dan kegiatan yang dilaksanakan dalam mendukung kinerja Perangkat Daerah, serta seberapa besar IKU Perangkat Daerah berpengaruh terhadap capaian indikator kinerja daerah.
Scroll to Top