Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakortekrenbangnas) tahun 2024

Pada hari Senin, 26 Februari 2024, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ngawi, Ibu Irine Sulistyowati, S.STP., M.Si, telah menghadiri Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Nasional (Rakortekrenbangnas) tahun 2024. Acara yang berlangsung di Bappeda Provinsi Jawa Timur ini bertujuan untuk mendorong transformasi pembangunan nasional menuju Indonesia Emas 2045. Dengan tema "Rakortekrenbangnas Tahun 2024: Mendorong Transformasi Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas 2045", acara ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan diikuti oleh berbagai pihak terkait, termasuk Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian dan Lembaga yang menangani urusan pembangunan, serta Bappeda Provinsi dari seluruh Indonesia. Selain itu, juga dihadiri oleh perangkat daerah Provinsi Jawa Timur dan Bappeda Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.
Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri menekankan pentingnya dukungan dari daerah terhadap pencapaian visi Indonesia Emas 2045. "Untuk mendukung visi besar ini, kepala daerah harus memiliki konsep, kekuatan, dan pengikut (followers) dalam menyusun rencana kerja yang akan dimulai pada tahun 2025 mendatang. Dengan begitu, pembangunan daerah akan dapat berjalan dan berkelanjutan," ujar Sekjen Kemendagri. Partisipasi Sekretaris Bappeda Kabupaten Ngawi dalam Rakortekrenbangnas ini merupakan upaya untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai arah pembangunan nasional yang akan dijalankan. Dengan demikian, Kabupaten Ngawi dapat mengintegrasikan visi pembangunan nasional ke dalam rencana pembangunan daerah secara lebih efektif.
Acara ini juga menjadi momentum untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan praktik terbaik antara pemerintah daerah di seluruh Indonesia, sehingga dapat menghasilkan sinergi yang lebih baik dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Scroll to Top