Dinas Perpustakaan Ngawi Luncurkan DANSA CERIA untuk Kembangkan Karakter Anak

DANSA CERIA, singkatan dari Dongeng Anak Sekolah, Cerdas dan Riang Gembira adalah program mendongeng inovatif yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan melek huruf dan bahasa anak-anak melalui dongeng yang menarik. Program ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Program ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi yang bekerja sama dengan organisasi seperti HIMPAUDI dan IGTKI. Kerja sama ini melibatkan berbagai lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) guna memastikan partisipasi yang luas dari komunitas pendidikan. Dalam pelaksanaannya, program Inovasi ini juga didampingi oleh BAPPEDA Kabupaten Ngawi.

Program DANSA CERIA telah berlangsung dengan sukses, berdasarkan data pada tahun 2023 telah tercatat partisipasi dari 44 lembaga serta 2.706 siswa dan guru yang ikut serta dalam kegiatan mendongeng. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap program ini. Sesi mendongeng ini diadakan di Perpustakaan Umum Daerah di Ngawi. Lokasi ini dipilih karena aksesibilitasnya yang memungkinkan anak-anak dan guru untuk berpartisipasi dengan mudah dalam setiap sesi.

Program ini dilaksanakan dengan menyediakan sesi mendongeng yang mencakup narasi positif. Melalui cerita-cerita yang inspiratif, program ini merangsang perkembangan bahasa awal anak-anak dan menanamkan perilaku yang baik, membantu mereka memahami pentingnya sopan santun dan interaksi sosial yang positif. Tujuan utama dari program DANSA CERIA adalah untuk menumbuhkan lingkungan belajar yang positif, yang mendorong anak-anak untuk mengembangkan karakter yang baik, keterampilan bahasa, dan kreativitas melalui dongeng. Dengan mendengarkan cerita yang menarik, anak-anak dapat belajar nilai-nilai positif dan memperluas kosakata mereka. Dengan adanya DANSA CERIA, diharapkan anak-anak tidak hanya menjadi lebih melek huruf, tetapi juga berkembang menjadi individu yang memiliki karakter baik dan kreativitas yang tinggi. Program ini berkontribusi pada pembangunan generasi masa depan yang lebih cerdas dan berdaya saing.

Scroll to Top